Pages

Rabu, 27 Juli 2011

SERI CALON IBU #1

Tanpa disadari, seorang wanita dewasa telah disiapkan untuk menjadi calon ibu. Mengapa demikian? Jika kita mempelajari sistem reproduksi wanita maka akan kita temukan bahwasanya setiap harinya terjadi perubahan siklik di dalam ovarium dan uterus wanita mulai dari tingkat molekuler, sel, hingga sistem organ untuk mendukung terjadinya kehamilan. 


Ovarium setiap harinya menyiapkan beberapa folikel untuk dikembangkan hingga mencapai kematangan. Di dalam perjalanannya, beberapa folikel mengalami kematian (atresia) dan hanya tersisa satu folikel untuk mencapai kematangan sempurna. Ketika hendak mencapai masa ovulasi, folikel berisi sel telur (oosit) siap dilepaskan ke saluran telur (tuba fallopii) untuk selanjutnya menunggu datangnya sel sperma di bagian ampulla tuba fallopii.


Di sisi lain, uterus setiap harinya menyiapkan diri untuk menjadi tempat perlekatan atau tempat tinggal sementara bagi sel telur yang sudah dibuahi oleh sel sperma di mana nantinya hasil konsepsi tersebut akan berkembang menjadi janin. Ya, setiap harinya seorang wanita secara anatomi dan fisiologi telah dipersiapkan untuk menjadi seorang calon ibu. Mulai tingkat molekuler, sel, hingga sistem organ, seorang wanita telah Allah siapkan untuk menjadi calon ibu.

 .:: Dan sel pun telah bersiap menjadi janin


Jika secara fisik seorang wanita telah bersiap menjadi seorang calon ibu, sekarang mari kita melihat ke dalam hati dan jiwanya. Apakah ia telah menyiapkan dan menata hari serta jiwanya untuk menjadi seorang calon ibu? Apakah seorang wanita bisa dikatakan benar-benar siap menjadi seorang calon ibu? 


Sekalipun tidak mudah, menjadi ibu yang baik bukanlah sesuatu yang mustahil. Mendidik, membentuk pola pikir, menanamkan kebiasaan hidup yang Islami, serta memberikan asupan gizi yang terbaik bagi anak adalah sebagian tugas yang harus diperhatian oleh seorang ibu. Tidak ada salahnya jika dari sekarang kita para wanita menyiapkan datangnya masa itu dengan sebaik-baik persiapan, sehingga  keluaran yang dihasilkan bisa sesuai dengan yang diharapkan.


Salah satu hal yang cukup sederhana yang bisa kita persiapkan adalah belajar bagaimana memberikan asupan gizi yang optimal bagi tumbuh kembang anak-anak kita kelak. Menyiapkan makanan yang nikmat, menarik, serta sarat dengan gizi. Semisal memberikan sarapan berupa sandwich, yaitu roti yang berisi sayuran dan daging serta segelas susu hangat. Menyiapkan bekal sekolah untuk snack istirahat anak berupa kue dan buah. Menu makan siang berupa nasi sayur dengan berbagai lauk pauk serta segelas juice buah. Dan tak lupa menu maan malam berupa nasi sayur dengan lauk serta segelas susu hangat untuk pertumbuhan anak yang optimal di malam hari.

 .:: Makanan yang bergizi untuk tubuh kembang optimal anak

.:: Menyiapan makanan yang menarik tapi juga menyehatkan


Untuk hal sederhana tersebut, yuk kita sisihkan waktu luang yang kita punya untuk bereksperimen, berlatih dalam laboratorium dapur untuk menyiapkan makanan bergizi yang terbaik bagi anak-anak kita kelak.  

Jika tubuh kita telah bersiap diri untuk menjadi calon ibu maka hati dan jiwa kita juga harus ditata ya untuk bersiap menjadi ibu. Lakukan persiapan-persiapan, langkah sederhana untuk menyambut datangnya masa itu.

Yuk, bersiap menjadi calon ibu yang baik =)

NB:
Oya sekedar info ni, ini loh keponakan saya yang waktu itu, udah delapan bulan sekarang. 

 Lucu kan yaa.. bikin kangeenn. Moga sehat selalu dan bisa menjadi kebanggaan agama, negara, dan keluarga ya Khansa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar