Pages

Kamis, 03 November 2011

Jangan takut Dong


Masih ingat kah dengan kisah nabi Muhammad bersama sahabatnya di dalam gua ketika berada begitu dekat dengan pasukan musuh? Untuk merefresh memori kita yuk kita lihat penggalan kisahnya di dalam kitab suci kita:

“Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Makkah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.” (QS At-Taubah: 40)

La tahzan, innallaha ma’ana.. Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita. Kata-kata itulah yang keluar dari Rasulullah kepada sahabatnya dan dengan itulah Allah turunkan ketenangan dalam hati serta Allah kirimkan bala tentaranya. Allah, Dia yang selalu menyertai kita dalam setiap langkah, dalam setiap tarikan nafas kita, ada Allah yang senantiasa mengawasi dan menjaga kita. Jadi ketika rasa takut menghampiri, katakan selalu “Wahai hati, jangan takut, La tahzan, innallaha ma’ana..” karena selalu ada Allah dengan ‘tangan-tangan’-Nya.

.:: Ada Allah dan 'tangan-tangan'-Nya

Allah bersama kita, mau sembunyi di benteng terkokoh atau di bawah tanah sekali pun, kita tidak akan pernah luput dari pengawasan-Nya. Banyak sekali ayat di dalam Al-Qur’an yang terus menerus mengingatkan kita akan hal itu.. Yuk kita cek bersama..

“...Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada...” (QS Al-Hadid: 4)

“Sesungguhnya Rabbmu benar-benar mengawasi.” (QS Al Fajr: 14)

“Yang melihat kamu ketika kamu berdiri (untuk sembahyang), dan (melihat pula) perubahan gerak badanmu di antara orang-orang yang sujud.” (QS Asy-Syu’ara’: 218-219)

Kekasih mana sih yang selalu menemani kita, dalam setiap keadaan kita kalau bukan Allah. Tidak ada yang tersembunyi bagi Allah, bahkan isi hati kita sekalipun. Tanpa kita harus bilang, Allah sudah tahu isi hati kita.

“...’Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui’.” (QS Ali Imran:29)

Oya tambahan nii karena Allah selalu mengawasi maka penting pula untuk kita selalu mawas dalam bertindak, di dalam hati dan di dalam aktivitas fisik kita. Upaya untuk senantiasa merasa diawasi Allah atau muraqabah bisa membuat kita selalu menjaga hati dari segala kotoran, menjaga kita dari kepalsuan niat, menjaga kita dari setiap noda yang akan membuat Allah mengurangi rahman-Nya untuk kita. Dengan mengingat Allah, kita tidak akan bersedih ketika rasa takut datang dan kita akan selalu berhati-hati dalam bertindak.

Mudah-mudahan kita tetap istiqomah dalam beribadah dan jangan takut.. karena Allah selalu bersama kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar